Pentingnya Asuransi Perjalanan Untuk Rencana Liburanmu

Pernahkah kamu memperhatikan saat membeli tiket pesawat atau transportasi lain ada pilihan Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance? Sebenarnya, apa pengertian Asuransi Perjalanan dan apa manfaatnya? Dilansir dari situs OJK, Asuransi Perjalanan merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan selama melakukan perjalanan, baik dalam maupun luar negeri. Di beberapa negara Eropa, Amerika, bahkan Asia, sudah mewajibkan setiap wisatawan wajib memiliki Asuransi Perjalanan. Tenang saja, Asuransi Perjalanan online ini dapat dengan mudah kamu miliki, lho!


Kamu harus pahami terlebih dahulu jenis-jenis Asuransi Perjalanan sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Jika berdasarkan jangka waktu perjalanan, Asuransi Perjalanan dibagi menjadi dua jenis, yaitu Single Trip Insurance dan Annual Travel Insurance. Untuk kamu yang hobi jalan-jalan dan sering bepergian, kamu dapat memilih Annual Travel Insurance di mana asuransi ini berlaku untuk satu tahun penuh. Selain itu, biaya preminya lebih terjangkau dan kamu tidak perlu memperpanjang asuransi setiap kali ingin bepergian.

Dengan premi yang terjangkau, kamu dapat menikmati beribu manfaatnya. Supaya lebih memahami manfaat-manfaat dari Asuransi Perjalanan, yuk simak pembahasan di bawah ini!

1.      Pengobatan darurat. Tidak ada yang tahu akan seperti apa kondisi tubuh kita saat sedang dalam perjalanan. Terlebih ketika bepergian ke luar negeri. Biaya pengobatan pasti akan mahal. Oleh karena itu, Asuransi Perjalanan hadir untuk mengatasi kekhawatiran kamu. Asuransi akan meng-cover biaya pengobatanmu selama perjalanan di dalam ataupun luar negeri. Jadi, kamu dapat liburan dengan tenang.

2.      Kecelakaan. Seperti halnya kondisi tubuh yang tidak dapat diprediksi, tidak menutup kemungkinan risiko kecelakaan dapat terjadi. Jika kamu punya Asuransi Perjalanan, semua biaya kerugiaan akibat kecelakaan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Bahkan, apabila kemungkinan terburuk terjadi, seperti meninggal dunia misalnya, pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang kepada ahli warismu.

3.      Biaya pemulangan jenazah. Jika sedang berada di luar negeri dan risiko terburuk terjadi, tentunya proses untuk memulangkan jenazah atau menguburkan di lokasi tempat kematian membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pihak Asuransi Perjalanan akan meng-cover seluruh biaya pemulangan jenazah atau penguburan, termasuk kremasi. Sehingga, tidak perlu menambah beban keluarga yang ditinggalkan.

4.      Perlindungan bagasi dan barang pribadi. Salah satu hal terburuk yang dapat terjadi saat kamu berlibur adalah kerusakan bagasi dan barang yang hilang. Jika itu menimpamu, pasti mood-mu langsung buruk dan liburanmu akan terganggu. Tidak perlu khawatir, pihak asuransi akan memberi ganti rugi kerusakan dan kehilangan apabila keterlambatan bagasi 12 jam lamanya. Fasilitas inilah yang menarik wisatawan untuk memilih Asuransi Perjalanan.

Merencanakan liburan bukan hanya perihal penginapan dan transportasi, tapi juga tentang perlindungan diri dan risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi. Oleh sebab itu, rencanakan liburanmu dengan cerdas, ya!

Post a Comment

0 Comments